Apakah sudah mengenali kulit yang Anda miliki? Untuk menentukan perawatan yang tepat, ada baiknya mengenali kulit Anda terlebih dahulu. Sebab setiap jenis kulit akan berbeda teknik perawatannya. Pada dasarnya, terdapat 5 klasifikasi jenis kulit pada manusia, yaitu:

1. Kulit Normal Jenis kulit ini adalah idaman setiap orang karena kulit tidak berminyak ataupun kering sehingga cenderung bebas dari noda, halus, lembut dan hanya memerlukan perawatan yang minim.

2. Kulit Sensitif Debu, kotoran, matahari, kondisi ekstrim, bahkan parfum dapat menimbulkan masalah pada kulit sensitif. Ciri dari kondisi kulit ini adalah mudah gatal, memerah dan kering saat menggunakan berbagai jenis kosmetik seperti bedak dan maskara.

3. Kulit Berminyak Ciri khusus kulit berminyak adalah terlihatnya permukaan kulit yang cenderung mengkilap, diikuti adanya komedo dan jerawat karena banyaknya kandungan kelenjar minyak yang sebetulnya berfungsi membantu mencegah kulit dari kekeringan. Hal ini menyebabkan kulit mudah “menangkap” kotoran dan debu yang tidak terlihat dibandingkan jenis kulit kering.

4. Kulit Kering Ditandai dengan kondisi kulit yang kering dan mudah iritasi. Jika sampai kulit tersebut mengelupas, akan terasa kencang. Terutama setelah mencuci muka dengan sabun muka. Jenis kulit ini seringkali kehilangan kelenjar minyak (sebum) dan mudah bereaksi terhadap cuaca yang ekstrim (sangat panas atau sangat dingin), sehingga seringkali terasa kencang.

5. Kulit Kombinasi Banyak orang yang memiliki jenis kulit semacam ini, jenis kulit berminyak terpusat di daerah “T” pada wajah (dahi, hidung dan dagu). Sementara untuk wilayah pipi, daerah seputar mata dan leher lebih kering ketimbang daerah “T”. Untuk jenis kulit ini berganti-ganti antara kering dan berminyak, bergantung dari hormon, keadaan lingkungan dan bisa juga jenis produk kecantikan yang digunakan.